1800 Atlet Taekwondo se-Sumatera Bertarung di GOR Kota Solok

1800 Atlet Taekwondo se-Sumatera Bertarung di GOR Kota Solok

Solok – Rangkaian penyelenggaraan olahraga di Kota Solok yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga tahun ini ditutup dengan digelarnya Open Tournament Taekwondo Sumatera Barat 2022 yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Rabu (21/12/2022) di GOR Kota Solok Kelurahan Tanjung Paku.

Sepekan sebelumnya telah dilaksanakan turnamen sepakbola DPRD Cup antar kelurahan se-Kota Solok di Lapangan Merdeka yang berjalan sukses. Kelurahan VI Suku keluar sebagai juara setelah mengalahkan Kelurahan Nan Balimo dengan skor tipis 1-0.

Kejuaraan Taekwondo ini digelar oleh Pemerintah Kota Solok difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok dan Pengkot TI Kota Solok. Helatan kali kelima tahun ini merupakan rangkaian dari acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solok ke-52 yang jatuh pada tanggal 16 Desember 2022.

Sebanyak 1.800 atlet taekwondo dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera minus Provinsi Aceh bertarung pada Tournament Taekwondo Sumatera Barat 2022 di GOR Kota Solok selama empat hari (21 s/d 24 Desember 2022). Mereka akan berlaga di empat kategori, yakni pra cadet, cadet, yunior dan senior, yang terbagi dalam kelas-kelas sesuai berat badan.

Kategori pra cadet merupakan taekwondoin yang masih dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK). Sementara cadet di usia SD, kategori yunior untuk sekolah SMP, dan kategori senior untuk para siswa SMA dan universitas.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra menyampaikan permintaan maaf walikota yang merupakan Ketua Pengwil Taekwondo Provinsi Sumbar yang tidak bisa hadir karena dalam waktu yang bersamaan juga mengikuti kegiatan pemerintahan.

“Kami minta maaf karena Bapak Walikota tidak bisa hadir hari ini dikarenakan ada urusan penting ke luar kota yang tidak bisa ditinggalkan. Selamat datang para atlet dan official taekwondo se-sumatera di Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah. Bertandinglah dengan junjung semangat sportivitas,” kata Wawako dalam sambutannya.

Ramadhani menyampaikan Pemko Solok juga mendorong dan mendukung cabang-cabang olahraga lainnya untuk juga dapat menggelar iven besar seperti ini.

Pembukaan kejuaraan ini juga dihadiri oleh Kepala Dispora Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Kota Solok, Plt. Kadispora, Bujang Putra, Pimpinan OPD terkait, Sekretaris Dispora, Elsye Desilina, Ketua KONI Kota Solok, Koordinator Wasit Pengprov TI, serta ribuan atlet dan penonton yang memadati tribun GOR Kota Solok, Rabu (21/12).

Ketua Pelaksana Kejuaraan, yang juga Ketua Pengkot Taekwondo Indonesia Kota Solok, Efriyon Coneng menuturkan Pengkot TI Kota Solok menargetkan tri sukses pelaksanaan Open Tournament Taekwondo Sumatera Barat 2022 kali ini, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kami selaku ketua pelaksana ucapkan terima kasih kepada pemerintah atas dukungannya, juga sampaikan terima kasih kepada sponsor dan masyarakat untuk terlaksananya kegiatan ini,” kata Efriyon Coneng. (ep)